BLOG
Amuba (Apa, mengapa, untuk apa, bagamana)
Apa Blog itu dan mengapa?
Mengenal Blog
Blog adalah media online multifungsi yang semakin populer. yaitu website
berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto
yang dikelola oleh seorang blogger (secara individu) atau beberapa penulis sekaligus (secara kelompok).
Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang tertentu.
Misalnya lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, Berita dan
sebagainya. Selain itu, nama domain untuk blog juga disesuaikan dengan bidang
yang dibahas.
Perbedaan Blog dan Website
Website
Website adalah kumpulan halaman online yang dapat diakses menggunakan internet
lewat alamat domain tertentu. Website biasanya berisi suatu informasi mengenai
produk atau layanan. Oleh karena itu website development biasanya bersifat
statis. Artinya, dari sisi desain website dan kontennya tidak perlu terlalu
sering untuk di-update. Dari segi kepemilikan dan manfaat website adalah untuk
keperluan organisasi, sekolah, lembaga, toko online, bisnis, website company
profile, dan sejenisnya.
Blog
Blog adalah salah satu jenis website yang berisi konten artikel berupa opini,
pengalaman, dan informasi pengetahuan. Blog bersifat dinamis yang kontennya
dapat ditambah dan di-update secara berkala. Konten blog adalah nyawa yang
menentukan sukses atau tidaknya blog.
Sementara dari segi kepemilikan, blog banyak dimiliki oleh perseorangan.
Namun, blog juga dimiliki oleh bisnis, perusahaan, dan lembaga untuk promosi
dan strategi pemasaran.
Untuk apa Blog?
Manfaat dan Fungsi Blog
1. Sebagai Sarana Publikasi
Blog bisa jadi salah satu sarana untuk menuangkan kreatifitas menulis Anda
dengan bebas. Entah itu kisah kehidupan Anda, opini, atau karya lainnya.
Jika Anda memiliki bisnis, blog juga bisa jadi sarana untuk press release
kegiatan. Jika, ada pelanggan yang mengunjungi website bisnis Anda, mereka
juga bisa melihat bahwa bisnis Anda tetap eksis. Hitung-hitung, langkah ini
bisa menghemat biaya publikasi yang mahal di media online.
2. Sebagai Portofolio Online
Manfaat lain blog adalah sebagai portofolio online. Portfolio merupakan salah
satu hal yang penting bagi seorang profesional. Sebab, klien atau perusahaan
bisa lebih mudah mengetahui skill dan pengalaman yang Anda miliki.
Apa itu blog portofolio online? Sebuah website yang berisi hasil karya
tulisan, foto, maupun proyek yang pernah Anda kerjakan. Anda bisa mempercantik
blog dengan tema dan desain blog yang menarik untuk memikat klien. Jadi, Anda
bisa mendapatkan uang dari blog
3. Sarana Branding
Blog juga bisa jadi sarana branding yang cukup ampuh. Bagi profesional,
menulis artikel topik tertentu di blog akan membuat Anda dikenal sebagai
expert. Jadi, klien atau calon konsumen tidak ragu menggunakan jasa
Anda.
Begitu pula bagi bisnis. Dengan blog, Anda bisa membangun branding perusahaan
sembari memberikan informasi seputar niche Anda yang bermanfaat untuk
konsumen.
Misalnya saja Niagahoster yang memiliki blog niche seputar IT dan bisnis
online. Dengan terus menampilkan artikel yang menarik dan bermanfaat.
Kredibilitas Niagahoster di bidang teknologi semakin baik di mata
pelanggan.
Itulah mengapa, Anda disarankan untuk menulis artikel dengan satu topik
tertentu yang juga Anda kuasai.
4. Mempromosikan Produk atau Jasa
Anda seorang pemilik bisnis? Blog juga bisa Anda manfaatkan untuk promosi
produk bisnis Anda lho!
Pasalnya, 70% orang ternyata lebih memilih mempelajari produk bisnis lewat
artikel dibanding melalui iklan. Dengan memanfaatkan blog, Anda bisa menulis
artikel seputar manfaat hingga tutorial dari produk Anda.
Langkah ini juga telah dimanfaatkan bisnis online tanaman, TanamanMart. Di
blognya, ia menulis bisa menulis artikel seputar jenis, khasiat, hingga cara
merawat tanaman yang ia jual. Jadi, ia juga bisa sembari mempromosikan produk
di toko onlinenya.
Bagaimana membuat Blog?
Struktur Blog Pada Umumnya
Blog biasanya memiliki tampilan dan tatanan struktur yang cukup beragam.
Namun, pada umumnya, struktur blog biasanya terdiri dari beberapa komponen
berikut ini!
Struktur Blog Pada Umumnya
Header: Bagian atas blog yang berisi judul, deskripsi, dan menu blog. (1)
Navbar: Elemen ini bisa disebut sebagai menu untuk membantu pengunjung memilih
dan menjelajahi konten blog. (2)
Main blog: Bagian di mana postingan blog Anda berada. Di bagian ini, terdapat
struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, kolom komentar, dan
sejenisnya. (3)
Sidebar: Sisi samping blog yang biasanya memuat beberapa rekomendasi artikel
populer, widget, iklan, atau informasi tambahan lainnya. (4)
Footer: Bagian bawah blog yang berisi informasi penulis, kontak, form
subscription, dan alamat email. (5)
Sementara itu, pada bagian main blog, konten blog biasanya tak hanya berupa
tulisan. Namun, juga disisipkan gambar dan video.
Menambahkan gambar atau video pada konten artikel dapat ternyata dapat
memudahkan pengunjung membaca blog Anda. Terbukti, menurut riset dari Social
Media Today, konten blog dengan gambar dibaca 94% lebih banyak orang.
Cara membuat blog pada pertemuan berikutnya.