Ads block

Ringkasan Materi



1. Website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger (secara individu) atau beberapa penulis sekaligus (secara kelompok). Melalui akun pribadinya seseorang dapat membuat blog. Salah satu langkah awal membuat blog adalah membuat judul blog

2. Website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger (secara individu) atau beberapa penulis sekaligus (secara kelompok). Melalui akun pribadinya seseorang dapat membuat blog. Langkah kedua membuat blog adalah membuat alamat blog.

3. URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, yaitu alamat unik yang digunakan untuk menunjukkan lokasi sumber daya di internet. URL berfungsi sebagai penanda lokasi website atau blog secara online, sehingga memudahkan pengguna untuk menjelajahi internet. Tata cara penulisan alamat URL adalah ditulis dengan huruf kecil semua.

4. Salah satu jenis website yang berisi konten artikel berupa opini, pengalaman, dan informasi pengetahuan, bersifat dinamis yang kontennya dapat ditambah dan di-update secara berkala, ini merupakan bentuk dan ciri dari Blog.

5. Manfaat Blog diantaranya untuk Sarana Publikasi, Sebagai Portofolio Online, Sarana Branding, Mempromosikan Produk atau Jasa,  Majalah/Surat Kabar online.

6. Struktur Blog pada umumnya terdiri dari Header, Navbar, Main Blog, Sidebar, dan Foother. Untuk bagian di mana postingan blog Anda berada. Di bagian ini, terdapat struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, kolom komentar, dan sejenisnya adalah Main Blog.

7. Macam fitur Blog diantaranya adalah Postingan, Statistik, Komentar, Penghasilan, Halaman, Tata Letak, Tema, Setelan, Daftar Bacaan. Untuk memposting baru maka yang harus di klik adalah Postingan kemudian klik Postingan Baru.

8.  Susunan visual dari semua elemen yang ada di dalamnya. Mulai dari header, menu navigasi, sidebar, konten utama, hingga footer, semuanya memiliki peran penting dalam menciptakan pengalaman pengguna yang baik. Bagian yang mengatur penempatan elemen yang efektif tidak hanya membuat blog terlihat menarik, tetapi juga memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang mereka cari dinamakan Tata letak (layout) pada blog.

9. Pada Identitas Digital terdapat Data Pribadi, dan data pribadi tersebut dibedakan menjadi beberapa kelompok data, diantaranya seperti Data yang mudah diidentifikasi, Data yang memerlukan konteks, dan data sensitif. Untuk data pribadi yang berupa tanggal lahir dan jenis kelamin merupakan kelompok data yang mudah diidentifikasi.

10. Akun media Sosia, Akun Email, Akun Ecommerce, layanan streaming, game online, Perangkat yang terhubung seperti Smartphone, laptop, tablet, smart home devices dan lain-lain merupakan sumber awal terbentuknya Identitas Digital.

11. Langkah membuat Blog
    1. Buka www.blogger.com
    2. Masukan akun dan pasword
    3. Klik buat Blog
    4. Ketik Judul Blog, kemudian klik Berikutnya (Next)
    5. Ketik alamat Blog, kemudian klik Simpan.

12. Postingan blog pada umumnya berisi artikel-artikel terbaru dan disusun secara kronologis, Di bagian lain terdapat bagian dari sebuah blog yang berisi informasi statis atau tetap.  Bagian blog ini memiliki tujuan untuk menyajikan informasi yang lebih permanen dan tidak sering berubah-ubah disebut Halaman (Page)

13. Di bawah bagian posting terdapat bagian komentar, fungsi komentar ini adalah Tanggapan atau reaksi pembaca terhadap postingan.

14. Data pribadi adalah bahan baku untuk membangun identitas digital. Setiap aktivitas online yang kita lakukan, mulai dari membuat akun hingga berinteraksi dengan orang lain, meninggalkan jejak data pribadi. Jejak-jejak data ini kemudian membentuk identitas digital yang unik bagi setiap individu. Kemajuan teknologi seperti ini juga menimbulkan risiko diantaranya adalah Penyalahgunaan data, pelanggaran privasi, Pelacakan digital, dan Manipulasi opini.

15. Representasi diri seseorang di dunia digital. yang merupakan kumpulan data pribadi yang terhubung dan terorganisir, yang digunakan untuk berinteraksi secara online, adalah Identidas Digital

16. Dalam dunia digitalpun terdapat resiko, untuk meminimalkan atau melindungi Data Pribadi dan Identitas Digital, diantaranya adalah Buat kata sandi yang kuat, yaitu dengan menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.

17. segala rekam jejak data seseorang saat berselancar di internet. Bentuknya bisa berupa unggahan di media sosial, ulasan di sebuah forum, atau aktivitas berbelanja di ecommerce, disebut Jejak Digital.

18. Konten unggahan, Direct message, Komentar di media sosial, Mengisi survey Online, Mengirim email, merupakan Jejak digital aktif dimana  infomasi yang secara sadar kamu bagikan di internet, hal ini dinamakan Jejak Digital Aktif

19. Riwayat browser, Alamat IP, Perangkat yang digunakan, Aplikasi yang mengakses lokasi GPS, adalah contoh dari informasi yang ditinggalkan di internet tanpa sadar atau data yang dikumpulkan secara otomatis oleh pihak lain tanpa sepengetahuan pemilik jejak digital, ini dinamakan Jejak Digital Pasif

20. Sebuah tautan yang menghubungkan satu halaman web ke halaman web lainnya, atau bahkan ke bagian lain dari halaman yang sama, dan berfungsi sebagai jembatan yang memungkinkan pengguna internet berpindah dari satu informasi ke informasi lainnya dengan hanya sekali klik, dinamakan Link atau hyperlink.